Langsung ke konten utama

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat - Lama juga admin ngga buat resep sambal ya , setelah kemarin-kemarin sibuk posting aneka Resep Kue Lebaran . akhirnya kali ini admin akan posting resep sambal yang super yumi . yup , sambal sederhana warisan nenek moyang ini memang nikmat sekali . rasanya yang lezat dan khas membuat lidah ingin bergoyang terus jika sudah nikmatinya .

Sambal yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng hingga matang , lalu diberi gula merah dan aneka bumbu rempah lainnya lalu diulek hingga sedikit lembut ini bernama kuah pecel atau sering disebut dengan sambal pecel . selain itu banyak juga yang menyebutnya sambal kacang ataupun kuah kacang . yah , apapun itu namanya , yang jelas sambal yang satu ini memiliki rasa yang super-super lezat dan makyus . 

Untuk Kuah pecel atau sambal pecel ini tentunya sangat khas sekali didaerah jawa , entah itu di jawa barat , jawa timur maupun jawa tengah . lain kota dan lain daerah , tentunya kita dapat membedakan citarasa sang kuah pecel . biasanya nih yang membedakannya itu dirasa asin dan manisnya . kayak misalnya untuk daerah sunda , mereka lebih cenderung suka dengan kuah kacang yang lebih terasa asin .

Berbeda lagi dengan kuah pecel yang dibuat oleh orang-orang jawa tengah dan jawa timur . untuk daerah ini biasanya rasa kuah pecel atau sambal pecel nya lebih mantap . karena untuk rasa asin , manis dan pedasnya lebih seimbang dan tentunya sama-sama lezat dong . untuk kuah pecel biasanya dinikmati dengan aneka sayuran yang direbus sesuai selera .

Namun untuk sekarang , kuah pecel atau sambal pecel ini bukan lagi dinikmati dengan aneka sayuran rebus saja . karena rasanya yang lezat seringkali dipadukan dianeka makanan lainnya . seperti siomay , ketupat bakwan , ketupat tahu dan lain sebagainya . nah bagi kalian yang sedang diluar kota , namun rindu akan sambal pecel khas jawa . kalian tepat sekali membuka Resep Kuah Pecel yang kami bagikan kali ini .

Karena admin akan membahas tentang kuah pecel yang super lezat , yang tentunya dari bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya dengan mudah . penasaran ? yasudah , tak panjang lebar lagi ya .. yuck segera disimak Bahan-bahan Dan Cara Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel nya seperti berikut ini . selamat mencoba :)

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat

Resep Membuat Kuah Pecel , Sambal Pecel Lezat

Bahan-bahan Kuah Pecel :

  • Kacang tanah beserta kulit arinya 1 kilo gram ( goreng hingga matang )
  • Gula merah / gula jawa ( gula aren ) 1/2 kilo gram ( disisir hingga halus ) 
  • Cabai merah keriting 150 gram ( dipotong-potong sepanjang 3 centi meter )
  • Cabai rawi merah 10 butir ( skip jika anda tidak suka pedas )
  • Bawang putih 7 siung
  • Kencur 6 buah ( ukuran 1 ruas jari )
  • Daun jeruk purut 10 lembar
  • Garam 3 sendok makan 
  • Air asam jawa 5 sendok makan ( rendam asam jawa dengan air panas untuk menghasilkan air asam yang kental )
  • Minyak 100 mili liter atau secukupnya ( digunakan untuk menumis bumbu )

Cara Membuat Kuah Pecel :

  1. Langkah awal , haluskan kacang tanah yang sudah digoreng tadi dengan food processor , di ulek atau dengan blender . begitu juga dengan gula merah , proses hingga halus ya . jika sudah halus semua , campur kacang tanah dan gula merah menjadi satu . sisihkan .
  2. Selanjutnya panaskan 100 mili liter minyak goreng atau secukupnya , lalu goreng cabai , bawang putih , kencur , dan daun jeruk hingga semua bahan layu dan matang . angkat , tiriskan , haluskan .
  3. Selanjutnya tuang bumbu halus , garam , dan air asam ke dalam wadah berisi kacang tanah dan gula merah yang sudah dihaluskan tadi . aduk hingga rata . ( anda dapat mengaduknya dengan menggunakan tangan yang terbungkus dengan sarung tangan agar semua bumbu dapat tercampur dengan rata . aduk dan remas-remas semua bahan hingga sambal terasa mulai liat , lengket dan menggumpal ) . cicipi rasanya , jika ada yang kurang silahkan tambahakan sesuai selera .
  4. Terakhir masukkan sambal kedalam wadah tertutup rapat dan simpan di kulkas agar dapat bertahan lama , kurang lebih hingga 2 bulan . santap kuah pecel bersama sayur rebus atau siomay , selesai . 

Bahan-bahan kuah pecel diatas dibuat untuk mendapatkan sekitar 1 1/2 kilo gram kuah pecel . jika anda ingin membuatnya lebih sedikit atau lebih banyak silahkan kurangi atau tambahkan semua bahan-bahan yang akan digunakan . oh iya , dalam resep ini admin sengaja memakai kacang dengan kulit arinya untuk menghasilkan kuah pecel yang lebih gelap warnanya . namun , anda juga bisa menggunakan kacang tanah yang telah dikupas untuk menghasilkan warna yang lebih cerah .

Untuk menggoreng kacang tanahnya hati-hati ya , jangan sampai gosong agar hasil kuah pecelnya lezat sempurna tanpa ada rasa pahit karena menggunakan kacang yang gosong . saat menggorengnya harus hati-hati juga karena kacang suka meletup kala di goreng . untuk menghindari kegosongan , anda cukup menggoreng hingga kacang terlihat mulai berubah warna menjadi gelap saja . jangan sampai menggoreng kacang terlalu berlebihan karena kacang akan terus melanjutkan pematangannya bahkan saat telah diangkat dari minyak . 

Selain itu untuk menghindari kecipretan minyak panas ketika menggoreng cabai , anda dapat melakukan tips sederhana yang kami berikan . caranya belah bagian tengah cabai dengan pisau yang tajam , agar cabai tidak meletus saat digoreng . dan anda pun akan terhindar dari cipretan minyak panas yang sangat mengerikan :D hehehe . 

Yasudah , kami rasa cukup dalam pembahasan tentang Resep Kuah Pecel nya . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat ini dirumah yah . jangan lewatkan resep sambal lainnya seperti Resep Membuat Abon Cabai Udang Pedas yang patut dicoba . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan