Langsung ke konten utama

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih - Berbicara tentang kacang bawang siapa sih yang tak mengenal camilan yang satu ini . kacang yang digoreng dengan bumbu dan irisan bawang putih ini memang enak sekali . kriuk-kriuk .. rasanya yang renyah , gurih namun empuk membuat banyak orang menyukainya . biasanya kacang bawang disajikan sebagai camilan yang enak untuk nonton tv dirumah.

Selain untuk camilan keluarga , kacang bawang juga biasanya akan populer sekali jika lebaran tiba . Rasa-rasanya pas silahturahmi ke tetangga dan saudara kok selalu ada kacang bawang yah . biasanya kacang bawang ini disajikan didalam toples-toples kaca atau Toples atom dengan berbagai bentuk yang lucu . duh , ngomongin lebaran kok jadi pengin cepat-cepat lebaran yah :D heheh .

Untuk kacang bawang menjelang Ramadhan seperti ini biasanya banyak sekali yang menjualnya di toko-toko kue dan toko snak . tapi kalau membelinya diluar jika dirasa-rasa ada yang kurang yah . berbeda jika membuatnya sendiri langsung dari dapur tercinta , pasti hasilnya lebih enak , gurih dan empuk . nah buat teman-teman yang sedang ingin membuat kacang bawang homemade , kalian tepat sekali membuka resep kacang bawang di blog Harian Resep ini .

Karena kami akan membahas habis tentang kacang bawang yang empuk , gurih dan renyah yang mudah di buat dirumah . tentu saja dari bahan-bahan yang digunakan dan lengkap dengan cara membuatnya . nah , untuk kacang bawang yang makyus , kami sarankan anda menggunakan kacang tanah yang fres dan dikupas sendiri yah . dijamin rasanya enak , karena biasanya kalau menggunakan kacang tanah yang ngupas sendiri masih ada rasa manis-manisnya gitu dan nanti hasilnya empuk .

Tapi jika kalian ingin lebih praktis , menggunakan kacang tanah kupasan yang siap di olah saja tak apa-apa . lalu untuk hasil yang empuk jangan lupa kacangnya di rendam terlebih dahulu dengan santan ya . nanti hasilnya jadi seperti kacang mete , empuk , renyah dan gurih gitu . dan tips sedikit bagi kalian yang ingin membuat kacang bawang yang renyah , kalian dapat merendamnya terlebih dahulu di air kapur sirih .

Setelah itu baru deh direndam dengan garam dan bawang putih . kalau kami sih sukannya kacang bawang yang banyak bawang putihnya , namanya kan juga kacang bawang yah . jadi selain direndam dengan bawang putih , kami juga menambahkan bawang putih iris ketika menggoreng kacang bawang nya . nanti jadi hasilnya kriuk kriuk bawang putih goreng gitu . bagaimana , sudah penasaran dengan kacang bawang yang dibuat sendiri dengan resep ini ? yuck segera disimak Resep Dan cara Membuat Kacang Bawang nya seperti berikut ini :)

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih

Bahan-bahan Kacang Bawang :

  • Kacang tanah 250 gram ( direndam air mendidih , kupas kulitnya ) jika ingin praktis anda dapat menggunakan kacang tanah kupasan ( Lalu rendam di air mendidih juga agar hasilnya mekar )
  • Bawang putih 3 siung ( digunakan untuk bumbu rendaman )
  • Bawang putih 4 siung ( diiris tipis )
  • Santan kental 100 mili liter atau secukupnya 
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir sedikit saja agar tercipta rasa gurih
  • Kapur sirih secukupnya ( optional ) 

Cara Membuat Kacang Bawang :

  1. Langkah awal ambil 1/4 sendok kapur sirih , lalu larutkan dengan air secukupnya . rendam kacang tanah dalam larutan kapur sirih lalu diamkan atau rendam selama 30 menit .
  2. Setelah itu tiriskan kacang lalu rendam di santan yang sudah diberi bumbu bawang putih halus , 1/2 sendok teh gula pasir dan garam sesuai selera , hingga kacang terendam atau terselimuti santan . diamkan selama 30 menit . 
  3. Selanjutnya goreng kacang diminyak yang sudah dipanaskan di api sedang bersama bawang putih iris . ( jika bawang putihnya sudah renyah duluan , anda bisa mengangkatnya terlebih dahulu ) . nah , jika kacang sudah berwarna keemasan segera diangkat ya , karena pematangan masih akan terus berlangsung saat kacang diangkat . jika anda biarkan hingga kacang berwarna coklat tua di minyak panas , ketika sudah di angkat bisa nampak gosong dan rasanya agak sedikit pahit .

Sedikit Tips Bagi kalian yang baru belajar memasak , jika membuat camilan atau kelethikan seperti kacang bawang jangan pakai wajan alumunium yang tipis ya . karena wajan seperti itu sangat menghantar panas , jadi nanti kacang bawangnya akan mudah gosong namun hasilnya belum matang sempurna . Bagaimana Resep Membuat Kacang Bawang Empuk Gurih nya , mudah bukan ? segera dicoba dirumah yah .

Jangan lewatkan juga resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . Terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , sukses ya membuat kacang bawangnya :D , semoga resep kacang bawang ini bermanfaat . sekian :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan