Langsung ke konten utama

2 Resep Membuat Plecing Kangkung Dan Tips

2 Resep Membuat Plecing Kangkung Dan Tips - Beberapa hari ngga sempet update resep masakan diblog tercinta , kangen juga :D . pas buka email ternyata ada yang reques resep plecing kangkung . oke , baiklah , ini bunsay resep plecing kangkungnya , dicoba dirumah yah . pada kesempatan kali ini kami akan membagikan 2 resep plecing kangkung sekaligus .

Yang pertama Resep Membuat Plecing kangkung Khas Lombok , lalu yang kedua Resep Plecing Kangkung Khas Bali . kedua resep plecing kangkung ini tentu saja mempunyai rasa yang enak dan lezat . kedua penyajian plecing kangkung ini juga sama , namun ada beberapa bumbu yang membedakan antara plecing kangkung Lombok dan plecing kangkung bali . selain kedua plecing kangkung ini , diindonesia juga terkenal sekali dengan plecing kangkung khas Jawa .

Namun untuk Resep Plecing Kangkung Khas Jawanya kita bahas nanti yah . karena kali ini kami akan membahas habis tentang Resep plecing kangkung Lombok dan plecing Kangkung Bali . yang tentu saja dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat plecing kangkung lombok dan bali . dan cara membuat plencing kangkung Lombok dan bali dengan mudah . 

Jika berbicara tentang plecing kangkung jodohnya ya pasti Ayam Taliwang Ya bun . bunda dirumah pasti tau ya , kalau menikmati plecing kangkung akan semakin nikmat jika dipadukan dengan Ayam Taliwang dan nasi putih hangat yang pulen . ehmm nyumi , bumbu plecing kangkung yang pedas akan semakin enak dan lezat dengan perpaduan bumbu yang digunakan Ayam Taliwang . udah deh , kalau udah makan pakai lauk seperti ini ngga sadar kalau sudah habis 2 piring hihihii :D 

2 Resep Membuat Plecing Kangkung Dan Tips

2 Resep Membuat Plecing Kangkung Dan Tips


Nah bagi kalian yang bingung mau masak apasih besok pagi ? ngga ada salahnya mencoba membuat plecing kangkung ini loh bun . keluarga dirumah pasti suka , karena enak dan lezat segar dengan perasan jeruk nipis diatas sambalnya . menggunakan aneka sayuran yang mudah didapat pasti akan semakin memudahkan anda dalam membuatnya dirumah . yuck segera dicoba 2 Resep Plecing Kangkungnya .

Resep Membuat Plecing Kangkung Khas Lombok

Resep Membuat Plecing Kangkung Khas Lombok

Bahan-bahan Plencing Kangkung Khas Lombok : 

  • Kangkung 1 ikat ( dibiarkan utuh panjang-panjang 
  • Tauge Panjang Jika suka ( Seduh dengan air panas ) 
  • Garam 1/2 sendok teh ( atau sesuai selera )
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Jeruk limau 1 buah ( dibelah dua )

Bahan Sambal Plecing Kangkung Khas Lombok :

  • Cabai merah keriting 6 buah
  • Cabai rawit 5 buah
  • Terasi bakar 1 sendok teh
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 6 butir
  • Kencur 2 centi meter
  • Tomat Merah 1 buah

Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Lombok :

  1. Langkah awal didihkan air dan garam , kemudian masukkan kangkung ( masak hingga layu ) . angkat tiriskan . lalu siram dengan air es .
  2. Sambal : pertama-tama haluskan semua bahan sambal hingga benar-benar halus . 
  3. Kemudian tumis bumbu sambal yang sudah dihaluskan hingga harum . selanjutnya masukkan garam , gula pasir dan air jeruk limau . aduk hingga rata .
  4. Beri sedikit air , kira-kira 250 mili liter . lalu masak bumbu sambal hingga meresap .
  5. Tarakhir , sajikan kangkung rebus bersama tumisan sambal .
  6. Resep Membuat Plecing Kangkung Lombok siap untuk dinikmati .

Dalam Resep Plecing kangkung Khas Lombok kami menggunakan tauge panjang , karena kami sering menjumpai direstauran-restauran Plecing kangkung yang memakai tauge panjang . itu optional aja , kalau suka silahkan tambahkan taugenya . tapi kalau ngga suka , ngga pakai tauge panjangnya nggapapa . tetep enak dan lezat :D 

Resep Membuat Plecing Kangkung Khas Bali 

Resep Membuat Plecing Kangkung Khas Bali

Bahan Plencing Kangkung Khas Bali :

  • Kangkung 1 ikat

Bahan Bumbu Sambal Plecing Khas Kangkung Bali :

  • Terasi bakar 1 sendok teh
  • Air 100 mili liter
  • Tomat 1 buah
  • Cabai merah besar 3 buah 
  • Cabai rawit 5 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 2 butir
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Jeruk limau 1 buah ( belah dua )
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula 1/3 sendok teh

Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Bali :


  1. Langkah awal cuci bersih kangkung , lalu rebus dalam air yang berisi 1 sendok teh garam ( ini gunanya agar kangkung tetap hijau dan tidak berubah warna coklat )
  2. Selanjutnya kangkung yang telah matang ditiriskan , lalu disuwir-suwir , sisihkan . 
  3. Sambal : Langkah awal haluskan semua bahan bumbu kecuali terasi , minyak , air dan jeruk limau . 
  4. Selanjutnya letakkan bumbu halus dalam wajan tambahkan air , minyak dan terasi . gunakan api sedang , lalu masak hingga air habis dan meresap , sisihkan .
  5. Untuk Penyajian , letakkan sambal plencing kangkung diatas kangkung yang sudah di suwir-suwir dan beri air perasaan jeruk limau , aduk rata . 
  6. Resep Membuat Plecing Kangkung Khas Bali siap untuk disajikan .

Perbedaan Plecing Kangkung Khas Bali dengan Plecing kangkung Khas Lombok terletak pada sambal yang digunakan , jenis kangkung akar yang digunakan dan biasanya plecing kangkung lombok disajikan dengan Ayam Taliwang .

TIPS Membuat Plecing Kangkung :

  • Kali ini kami akan memberikan tips saat merebus kangkung agar warnanya tetap hijau cantik . caranya mudah , saat mendidihkan air jangan lupa tambahkan garam ya . lalu baru deh masukkan kangkungnya , rebus sampai matang tapi jangan lama-lama ya merebus kangkungnya , segera angkat dan siram dengan air es agar tetap segar dan menghentikan proses pemasakan kangkung . jadi warna kangkungnya tetap bisa hijau cantik dan teksturnya tetap bisa terasa segar kres-kres gitu , kaya sayur kangkung lombok .

Demikian Resep Dan Cara Membuat Plecing Kangkung Khas Lombok dan Plecing Kangkung Khas Bali nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan 2 Resep Membuat Plecing Kangkung Dan Tips ini dirumah . buka juga resep lainnya seperti Resep Membuat Soto Medang Daging Ayam Lezat yang wajib dicoba . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sampai bertemu diartikel resep terbaru dari kami , sekian :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan