Langsung ke konten utama

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking - Bagi anda yang gemar sekali dengan masakan seafood , tentu saja sudah tak asing lagi dengan udang bakar madu bukan ? rasanya yang enak dengan aroma wangi yang khas dari madu dan bumbu pilihan memang sangat mengoda sekali . walaupun menggunakan saus sambal botol udang bakar madu ini tergolong makanan yang tidak pedas . sehingga dapat dinikmati oleh semua orang , dari anak kecil para remaja dan orang dewasa .

Udang yang pada dasarnya sudah memiliki rasa gurih , akan semakin segar dengan perasan jeruk nipis sebagai salah satu bumbu nya . perpaduan madu dengan sang bumbu lainnya menciptakan kenikmatan tersendiri di setiap gigitnya . udang bakar madu sering kali menjadi sebuah menu andalah di beberapa restauran . dari restauran cina , restauran luar khas luarnegeri , ataupun restauran indonesia .

Untuk restauran indonesia Mang Engking merupakan salah satu restauran yang menyajikan udang bakar madu sebagai menu specialnya disana . restauran Mang Engking merupakan restauran yang menyajikan masakan khas sunda . untuk cabang utama restauran Mang Engking sendiri sebenarnya ada di Jawa Barat . namun karena restauran tersebut Maju pesat dengan menu andalan sang udang bakar madu , Restauran Mang Engking sekarang sudah buka cabang di beberapa Kota-Kota besar Di Indonesia .

Salah satunya adalah kota kelahiran saya yaitu Kota Purwokerto Jawa Tengah . Restauran Mang Engking di kota Purwokerto cukup di minati banyak orang Karena pelayanannya yang cepat dalam penyajian makanan dan tempatnya yang Asri . Seperti yang kami katakan di atas Restauran Mang Engking merupakan restauran yang menyajikan aneka masakan sunda . sehingga mereka pun menata ruangan makan seperti tempat lesehan dan ruang keluarganya menyerupai perdesaan dengan alunan musik sunda yang terdengar lirih menenangkan .

Untuk Udang bakar madu Di restauran Mang Engking memiliki harga sekitar Rp 45.000,- , yang berisi 4 tusuk Udang bakar madu yang setiap tusuknya berisi 4 Udang yang cukup besar . Untuk kalangan masyarakat menengah udang bakar madu Mang Engking memang dapat dibilang cukup mahal ya . namun bagi para pecinta seafood atau udang kami rasa soal harga tak ada masalah . namun bagi anda yang ingin menyajikan udang bakar madu ala Mang Engking dirumah namun ingin berhemat . 

Tak ada salahnya jika kali ini anda membuatnya sendiri langsung dari dapur anda . dengan membuatnya sendiri selain hemat , kebersihannya pun akan lebih terjaga bukan ? nah untuk lebih jelas dari Resep Dan Cara Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking , silahkan simak baik-baik artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking

Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking

Bahan-bahan Udang Bakar Madu :

  • Udang 12 Ekor
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Saus tomat 100 gram
  • Kecap manis 3 sendok makan
  • Madu 3 sendok makan
  • Saus sambal botolan 3 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Tusuk Sate 4 buah 

Cara Membuat Udang Bakar Madu :

  1. Langkah awal cuci bersih udang , terutama bagian dalam kepalanya . usahakan dalam memcucinya di aliran air kran supaya kotorannya keluar . belah kulit punggung dan buang uratnya . beri perasan air jeruk nipis , lalu diamkan sekitar 10 menitan . kemudian cuci lagi dengan air yang bersih .
  2. Selanjutnya siapkan tusuk sate , lalu tusuk udang masing-masing berisi 3 ekor udang .
  3. Setelah itu campur semua bumbu seperti saus tomat , saus sambal , kecap manis , madu dan garam . lalu olesi pada udang hingga merata , terutama di bagian belahan punggungnya . sisakan sekitar sepertiga bumbu olesan , yang digunakan untuk bahan olesan saat membakar .
  4. Diamkan selama 30 menit , agar bumbu menempel dan meresap ke dalam daging udang .
  5. Kemudian panaskan grilled pan atau alat panggang , olesi alat panggang dengan mentaga agar tidak lengket .
  6. Olesi udang yang sudah didiamkan tadi dengan sisa bumbu olesan . taruh udang di atas pan atau bakaran sambil terus di olesi dengan bumbu olesan hingga warna udang berubah warnanya menjadi merah gelap dan matang . Selesai .
  7. Udang Bakar Madu ala Mang Engking siap di hidangkan selagi hangat :)

Taraaaaa , Udang Bakar Madu Ala Mang Engking nya siap untuk di santap beserta dengan nasi hangat dan aneka tumisan sayuran sesuai selera . bumbunya yang meresap kedalam membuat gurih nikmat sang udang bakar . emm nyumii , cocok sekali jika dinikmati untuk menu makan siang atau makan special anda dengan keluarga . oh iya , jangan lupa pilih udangnya yang agak besar dan masih segar yah , agar rasanya makyuss .

Lalu rendam terlebih dahulu tusuk sate yang akan digunakan untuk menusuk udang bakar madunya , agar tidak patah waktu dibakar . jika ada keluarga anda yang suka pedas , anda dapat menambahkan irisan cabai rawit di dalam bumbu kecapnya . namun untuk anda yang ingin menikmati lezatnya udang bakar madu yang manis legit gurih , tak perlu menambahkan bumbu lainnya karena sudah pas dan lezat .

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Udang Bakar Madu Ala Mang Engking yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . jangan lewatkan resep lainnya seperti Resep Membuat Sambal Goreng Tahu Udang Special yang patut untuk dicoba dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan