Langsung ke konten utama

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat - Beberapa hari ngga update di blog tercinta rasanya kangen banget :D hihi . dari kemarin sibuk ngurusin postingan produk jam tangan ke homepage jualan onlineshop aku Dde SHOP . alhamdulilah lagi banyak orderan , jadi sering ngga sempet update resep terbaru di harianresep.blogspot.com . buat temen-temen yang lagi nyari jam tangan atau gadget bisa cek di Facebook aku ya .. inget ( Dde SHOP ) hihi promosi dikit .

Yah ngga kerasa udah malam aja ya teman , cuacanya juga lagi hujan begini . tiba-tiba jadi kepengin yang anget-anget berkuah seger gitu kayanya enak . kebetulan ada teman aku Tirza Simanjuntak namanya kirim email ke aku , katanya lagi kangen banget sama soto medan . maklum doi orang medan teman , cuman sekarang dia kerja dan punya suami orang bogor jadi dia sekarang tinggal di bogor .

Katanya sempet minta resep sama opungnya , tapi katanya ngga ngeh . akhirnya minta aku buat posting resep soto medan daging ayam yang mudah dibuat katanya . oke baiklah , nih Tirza aku mau posting resep soto medan buat kamu :D . buat teman-teman yang besok pagi bingung mau masak apa bisa cobain soto medan daging ayam ini ya . untuk soto medan kata aku sih hampir mirip sama soto ayam kuah kuning ala bogor , hanya saja soto medan kuah lebih kental .

Tapi kalau dirasa-rasa bumbu yang digunakan untuk membuat soto medan ini lebih strong dan lebih komplit . untuk soto medan kita pakai daging ayam aja yah yang praktis , nanti kalau pakai daging sapi dikira soto daging khas bogor lagi :D . soto medan daging ayam ini enak banget kalau di makan masih anget-anget gitu loh . bisa disajikan dengan ketupat yang dipotong-potong kecil , tapi kalau aku sih lebih suka pakai nasi yang hangat .

Soalnya perpaduan nasi putih sama soto medan daging ayam ini aku rasa pas banget rasanya . enak , lezat dan gurih dari sang santan yang digunakan untuk kuah soto medannya . buat kalian yang orang medan , punya suami orang medan atau keluarga di medan jangan sampai terlewatkan resep soto medan ini . ngga asik banget kan , kalau ngga bisa masak masakan kesukaan keluarga dari medan seperti soto medan ini ?

Yausudah , bagi teman-teman yang penasaran sama rasanya soto medan yuck segera dicoba Resep Dan Cara Membuat Soto Medan nya seperti di bawah ini .

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Bahan-bahan Soto Medan :

  • Ayam 1 ekor ( dipotong menjadi 2 bagian )
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 ruas ( dimemarkan )
  • Serai 4 batang ( dimemarkan )
  • Daun bawang 4 batang ( potong-potong )
  • Garam secukupnya 
  • Santan encer 1 1/2 Liter
  • Santan kental 500 mili liter
  • Minyak Untuk menumis 

Bumbu Halus Soto Medan :

  • Bawang merah 12 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Kunyit 3 ruas
  • Merica 1 sendok teh
  • Jahe 2 ruas 

Cara Membuat Soto Medan :

  1. Langkah awal panaskan minyak dan tumis bumbu halus dalam panci , lalu masukkan lengkuas , daun salam dan serai hingga harum . masukkan ayam , lalu aduk dan masak hingga terlihat berubah warna .
  2. Setelah itu masukkan santan encer 500 mili liter atau hingga ayam terendam . kemudian tambahkan garam sesuai selera , lalu masak hingga ayam matang dan bumbu meresap kedalam daging ayam . angkat ayam , sisihkan .
  3. Selanjutnya tuang sisa santan encer . lalu masak hingga mendidih dan masukkan santan kental dan daun bawang , masak lagi hingga mendidih dan aduk-aduk agar santan tidak pecah . untuk soto medan memiliki kuah yang agak kental .
  4. Terakhir goreng ayam hingga kering lalu suwir-suwir. 

Selesai , soto medan pun siap untuk disajikan dengan nasi putih dan suwiran ayam di atasnya . biar lebih makyus kalian bisa menambahkan bahan pelengkap soto medan nya ya teman . kaya telur rebus , kentang rebus , tauge yang direbus , tomat yang dipotong-potong kecil , emping goreng atau kerupuk . jangan lupa taburi bawang goreng merah diatasnya biar lebih lezat .

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat yang kami sajikan kali ini . Buka juga artikel resep menarik lainnya seperti 2 Resep Membuat Gulai Ikan Paling Lezat yang wajib dicoba . makasih ya teman-teman sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . sampai bertemu di artikel resep selanjutnya , sekian :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan