Langsung ke konten utama

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips - Kue tradisional indoensia yang satu ini selain enak ternyata merupakan salah satu kue yang unik . kenapa ? karena kue ini memiliki banyak sekali sebutan nama yang berbeda di masing-masing daerah . selain terkenal dengan sebutan nama kue rangin , kue ini juga sangat terkenal dengan sebuat kue pancong , kue panci baris , ada yang juga yang menyebut kue rangin ini kue brandos . bagi anda yang berdomisili di Betawi , jawa dan kota-kota lainnya tentu saja anda sudah tak asing lagi dengan kue ini bukan ?

Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur santan ini merupakan kue legend yang saat ini masih populer dimana-dimana . biasanya kue rangin di jual di abang-abang yang suka keliling komplek ataupun para pedagang yang sering mangkal di tempat keramaian . seperti pemda , pasar tradisional , alun-alun , depan sekolahan dan lain sebagainya . aroma wangi dari kue rangin memang sangat menggoda sekali .

Rasa-rasanya tak ingin ketinggalan akan enak dan gurihnya kue rangin atau Kue pancong ini . kue rangin cocok sekali disajikan selagi hangat dengan taburan gula pasir sebagai penambah nikmatnya . menurut kami kue ini walaupun sering dimasak setengah matang namun tak membuat *neg* saat di makan . malahan menjadi bertekstur lembut didalam dan crispy di luar .

Dalam menikmati kue rangin atau pancong ini memang dapat dibilang sesuai selera . karena ada yang suka dengan kue rangin yang bertekstur lembut di dalam crispy diluar atau dapat dibilang setengah matang . dan ada pula yang lebih menyukai kue rangin yang dimasak sampai benar-benar matang sehingga didalam kue rangin lebih bertektur padat dan kering di luar . pada dasarnya kue rangin pancong ini memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga selalu lezat di sajikan di berbagai suasana .

Nah , bagi anda yang ingin mencoba membuat kue rangin pancong dengan membuatnya sendiri dirumah namun tak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya . anda tepat sekali membuka resep kue rangin yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . karena kami akan membahas habis tentang kue rangin pancong secara tuntas . tentu saja dari resep , cara membuat dan tips yang akan membantu anda membuat kue rangin yang enak seperti didalam artikel resep kue rangin pancong dibawah ini .

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips


Bahan-bahan Kue Rangin Pancong :

  • Tepung beras 250 gram
  • Santan kental 400 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Santan encer 600 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 50 gram ( digunakan sebagai taburan )
  • Kelapa sedang ( yang tidak tua ) 240 gram ( diparut memanjang )
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya ( digunakan untuk olesan )
  • Telur ayam 2 butir ( dikocok lepas )

Cara Membuat Kue Rangin Pancong :

  1. Langkah awal campurkan 100 gram tepung beras dengan santan kental , aduk hingga rata .
  2. Setelah itu masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental . angkat lalu sisihkan .
  3. Selanjutnya campur sisa tepung beras , kelapa sedang , rebusan tepung beras dan garam . aduk hingga rata . 
  4. Jika dirasa semua bahan sudah tercampur rata tambahkan telur dan santan cair , aduk kembali hingga rata .
  5. Kemudian panaskan cetakan kue pancong , jangan lupa olesi dengan minyak atau margarin secukupnya .
  6. Tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan , lalu masak hingga matang sesuai selera . angkat . lakukan terus hingga adonan habis .
  7. Sajikan kue rangin atau pancong ini dengan diberi taburan gula pasir di atasnya . 

Tips Dalam Membuat Kue Rangin Pancong :

  • Pertama , pastikan cetakan sudah panas saat adonan kue dituangkan .
  • Kedua , saat memanggang kue rangin pancong , gunakan api kecil agar matangnya merata .
  • Ketiga , untuk menambah aroma harum pada adonan , anda dapat tambahakan daun pandan saat merebus santan dan tepung beras .

Begitulah Resep dan Cara Membuat Kue Rangin Pancong beserta dengan tips yang dapat membantu anda dalam membuat kue rangin yang enak dan hasilnya maksimal . bagi anda yang tidak mempunyai cetakan kue rangin atau pancong , anda dapat menggunakan cetakan takoyaki atau wajan cetakan sejenisnya . jadi jangan sampai anda tidak jadi mencoba resep kue rangin yang kami bagikan kali ini karena kendala cetakan . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Egg Tart Fruity Pie Susu Bali yang sayang sekali jika terlewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips jangan lupa share kemedia sosial anda yah . sekian :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan