Langsung ke konten utama

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih - Jika berbicara tentang keripik singkong tentu saja bayangan anda pasti dengan rasa yang kriuk dan gurihnya . keripik seperti ini baisanya di sebut dengan keripik singkong yang mempunyai rasa original . namun saat ini keripik menjadi sebuah tren bagi para pecinta camilan . karena sekarang banyak sekali aneka kreasi rasa yang di padukan ke dalam keripik singkong .

Dari rasa pedas , manis , asin gurih , barbeque , keju , balado , sapi panggang dan lain sebagainya . aneka rasa yang di berikan ke dalam keripik singkong membuat keripik singkong semakin banyak yang menyukainya . aneka rasa yang diberikan dari aneka rasa yang sudah familiar di lidah orang indonesia menjadikan keripik singkong sering menjadi sebuah camilan pilihan untuk teman bersantai . kriuk-kriuk rasa-rasanya tak ingin berhenti mengunyah sebelum sang keripik singkong habis .

Terobosan terbaru dari maicih salah satu pengusaha yang berdomisili jawa barat ini semakin memeriahkan sang keripik singkong . bagaimana tidak , produk keripik yang di keluarkan maicih sudah terkenal dimana-dimana berkat idenya yang memberikan rasa berbeda pada keripik . mengkreasikan keripik singkong yang mempunyai rasa pedas yang gurih memang begitu lezat . apalagi keripik maicih memberikan pilihan pedas yang dari level 1 hingga level 10 . 

Pedas yang diberikan sesuai level pastinya berbeda-beda . anda dapat memilih sendiri pedas yang bagaimana yang ingin anda nikmati . untuk keripik singkong maicih bisa anda dapatkan di aneka supermarket ataupun minimarket yang terjangkau dari tempat tinggal anda . untuk sebungkus ukuran kecil keripik singkong maicih biasa di bandrol harga sekitar dua puluh ribu rupiah hingga dua puluh lima ribu rupiah . waw , lumayan cukup mahal yah ?

Maka dari itu bagi anda yang ingin mencoba menikmati maicih namun ingin berhemat tak ada salahnya jika anda membuatnya sendiri dirumah . cara membuat keripik singkong maicih tentu saja sangat lah mudah , bumbu-bumbu yang digunakan juga terjangkau dimana-dimana . anda tak akan kesulitan saat membuat keripik singkong ala maicih ini sendiri dirumah . karena kami akan bagikan Resep Dan Cara Membuat nya secara mudah seperti artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih

Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih

Bahan-bahan Keripik SingKong Pedas :

  • Singkong 1/2 kilo gram 

Bahan Rendaman Keripik Singkong Pedas :

  • Kapur sirih 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Bahan Bumbu Keripik Singkong Pedas :

  • Bawang merah 6 butir ( diiris tipis )
  • Bawang putih 6 siung ( diiris tipis )
  • Cabai Cabai merah atau cabai rawit 15 buah ( atau sesuai selera )
  • Merica 1/2 sendok makan ( atau bisa sesuai selera )
  • Ketumbar 1/4 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya 

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas :

  1. Keripik : Langkah awal iris singkong tipis-tipis , usahakan gunakan alat khusus pemotong keripik agar ukurannya dapat diatur pas , dan tebal tipisnya pas .
  2. Selanjutnya campurkan kapur sirih dan garam ke dalam air untuk bahan rendaman singkong .
  3. Rendam singkong selama 5 menit di dalam air rendaman . angkat . lalu rendam kembali di air bersih . angkat , lalu biarkan beberapa waktu agar air sedikit tiris .
  4. Gunakan minyak goreng yang banyak untuk menggoreng keripik , gunakan api sedang dalam menggorengnya . karena jika menggunakan api yang terlalu besar maka keripik singkong akan terlihat kehitaman atau cepat gosong dan tidak renyah . tiriskan .
  5. Lakukan menggoreng terus hingga semua irisan singkong habis .
  6. Bumbu Pedas : Pertama-tama oven atau jemur bawang putih , bawang merah yang sudah diiris tipis dan cabai hingga kering ( atau kadar airnya hilang ) . jika pakai oven , hati-hati ya , jangan sampai bawang dan cabai nya gosong . 
  7. Selanjutnya sangrai ketumbar dan merica hingga wangi . angkat .
  8. Lalu blender semua bahan termasuk garam dan gula . boleh dicicipi , jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera .
  9. Langkah akhir masukkan keripik singkong yang sudah digoreng ke dalam wajan atau wadah besar , lalu bumbui keripik dengan bumbu pedas hingga rata . 
  10. Keripik singkong ala maicih homemade pun siap untuk disajikan .

Taraaaaa , kriuk-kriuk keripik singkong pedas gurih nan nikmat ala maicih nya sudah jadi . bagaimana , cukup mudah bukan dalam membuat keripik singkong pedas ala maicih ini ? oh iya , kami ingatkan lagi ya , jika anda menggunakan oven untuk mengeringkan bawang dan cabainya harus hati-hati ya . karena jika tidak hati-hati sering kejadian bawang dan cabainya gosong , nanti malah jadi merusak citarasa pedasnya .

Lalu untuk penggunaan gula pasir lebih bagus menggunakan gula bubuk saja , agar tekstur bumbu pedas lebih lembut . namun jika gula halus tidak tersedia di dapur , menggunakan gula pasir biasanya juga tak apa-apa . rasanya tetep makyuss , pedas , gurih lezat dan nikmat pokoknya . Untuk bumbu pedas nya selain digunakan untuk keripik singkong , anda juga dapat menaburkan di aneka keripik lainnya . 

Seperti keripik bakso , keripik jamur , keripik bayam dan lain sebagainya . dan silahkan rasakan sensasi pedas nya sang bumbu pedas dengan perpaduan aneka keripik yang nikmat . anda juga bisa kreasikan dengan Resep Membuat Abon Cabai Udang Pedas yang tak kalah pedasnya sebagai campuran masakan anda agar lebih pedas makyus . dalam membuat keripik singkong memang dapat dibilang cukup mudah , namun kami akan memberikan beberapa TIPS dalam Membuat Keripik Singkong Pedas agar hasilnya Renyah Enak seperti berikut ini .

Tips Membuat Keripik Singkong Enak Renyah 

  • Untuk proses pembuatan keripik singkong memang dapat dibilang cukup mudah , namun perlu ada waktu untuk pengirisan menjadi tipis-tipis . maka dari itu anda harus sabar dalam membuatnya , agar haslnya maksimal . seperti yang kami katakan di atas , usahakan anda menggunakan alat bantu pemotongan keripik singkong yang khusus agar lebih memudahkan dan mempersingkat waktu dalam pembuatan keripik singkong . alat ini tersedia di kios peralatan rumah tangga di pasar tradisional ataupun pasar modern .
  • Lalu kunci utama untuk mendapatkan hasil keripik yang enak dan renyah gurih , anda harus perhatikan pemilihan singkong yang akan digunakan untuk membuat keripik . usahakan pilih singkong yang jangan terlalu tua dan kulitnya berwarna merah . agar hasil keripiknya renyah dan tidak keras .
  • Untuk menciptakan kerenyahan sang keripik singkong , ada beberapa trik yang harus anda perhatikan . seperti singkong yang habis direndam harus di tiriskan terlebih dahulu agar kandungan air pada singkong tidak terlalu banyak . jika dirasa singkong sudah benar-benar kering , anda dapat mempersiapkan dua penggorengan . untuk penggorengan pertama berisi minyak dengan suhu sedang untuk menggoreng singkong setengah matang . dan untuk penggorengan yang kedua berisi minyak dengan suhu yang panas maksimal . penggorengan kedua ini digunakan untuk menggoreng singkong sampai benar-benar matang .

Silahkan baca dan perhatikan baik-baik Resep , Cara Membuat dan Tips sebelum anda membuat Keripik Singkong Pedas Ala Maicih agar hasilnya maksimal gurih renyah . Untuk tingkat kepedasan pada bumbu pedas dapat anda kreasikan sediri tingkat kepedasannya ya . bagi si kecil yang tidak suka pedas , anda dapat menaburkan aneka bumbu dengan rasa sesuai selera . seperti bumbu baberque , jagung bakar , rasa sapi panggang , rasa manis gurih dan lain sebagainya .

Untuk Bumbu bubuk aneka rasa ini bisa anda dapatkan di toko bumbu ataupun di toko bahan roti yang terjangkau dari tempat tinggal anda . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Keripik SingKong Pedas Ala Maicih yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat yang sayang sekali jika anda lewatkan . semoga bermanfaat , sekian :)

NB : jika ingin lebih praktis anda dapat memakai bawang putih bubuk , bawang merah bubuk dan cabai bubuk yang tersedia di toko-toko saat membuat bumbu pedas . namun kami rasa kurang maksyus , karena rasanya kurang gurih . selamat mencoba :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan