Langsung ke konten utama

Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat

Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat - Jajanan yang bernama lumpia ini memang benar-benar populer di kota semarang . memiliki rasa yang enak , gurih dan lezat membuat lumpia semarang banyak di sukai Oleh banyak orang . jika kita lihat lumpia semarang merupakan salah satu jajanan primadona dalam hal kuliner di sana . sehingga kota semarang menjadi pusat lumpia yang terkenal di nusantara .

Jika anda berlibur atau berkunjung ke kota semarang jangan sampai melewatkan lumpia semarang ini yah . di kota semarang anda tidak akan kesulitan mencari lumpia goreng semarang yang gurih dan lezat ini . karena banyak sekali para pedagang yang menyajikan lumpia goreng yang masih hangat beserta dengan sausnya yang nikmat . dari para pedagang kaki lima , kedai lumpia , rumah makan lumpia hingga restauran yang terkanal disana .

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa lumpia semarang ini begitu populer ? hal ini di sebabkan karena isian lumpia yang berbeda dengan lumpia goreng pada umumnya . jika lumpia goreng biasa biasanya diisi dengan sayuran dan bihun . berbeda dengan lumpia semarang yang diisi dengan daging ayam dan udang yang gurih . 

Wah tak bisa di bayangkan lezat dan makyusnya lumpia semarang ini yah . makanya jangan heran lagi jika lumpia semarang selain di sukai oleh warga semarang banyak juga di sukai oleh para wisatawan . nah , untuk anda yang jauh dari kota semarang tak perlu anda jauh-jauh hanya untuk menikmati lezatnya lumpia semarang . karena dengan mengikuti resep dan cara membuatnya dalam resep ini anda dapat membuatnya sendiri dirumah .

Jika kita lihat cara membuat lumpia semarang ini cukup mudah dan praktis loh . tak jauh beda pada saat membuat lumpia goreng pada umumnya , hanya saja bumbu dan bahannya yang berbeda . untuk memudahkan anda , dalam resep lumpia semarang ini kita menggunakan kulit lumpia yang siap pakai . oke , untuk lebih jelas dari resep dan cara membuat nya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini.

Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat

Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat

Bahan-bahan Untuk Kulit Lumpia Semarang :

  • kulit lumpia 20 lembar ( yang siap pakai )
  • Tepung terigu 2 sendok makan lalu di cairkan dengan 3 sendok makan air ( digunakan untuk perekat )
  • Minyak goreng ( digunakan untuk menggoreng lumpia )

Bahan-bahan Isi Lumpia Semarang :

  • Daging ayam 100 gram ( dicincang )
  • Rebung 250 gram ( diiris korek api )
  • Udang 50 gram ( dicincang )
  • Tauge 100 gram ( dibuang akarnya )
  • Telur ayam 3 butir ( di kocok lepas dan buat orak arik telur )
  • Bawang putih 5 siung ( digeprek dan dicincang halus )
  • Daun bawang 50 gram ( dicincang )
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Lada bubuk 2 sendok teh
  • Garam 2 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 1 bungkus
  • Kuah Kaldu ayam 50 mili liter
  • Kecap manis 2 sendok makan
  • Ebi 1 sendok makan ( dicincang halus )

Bahan Saus Lumpia Semarang : 

  • Air putih 150 mili liter
  • Gula merah 40 gram ( diris halus )
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Cuka secukupnya
  • Bawang putih 1 siung ( digeprek lalu dicincang halus )
  • Tepung maizena 1 sendok makan ( yang di cairkan dengan 1 sendok makan air )

Cara Membuat Lumpia Semarang :

  1. Untuk Isi : Pertama-tama tuang 2 sendok makan minyak goreng dalam wajan panas , lalu masukkan bawang putih , tumis hingga tercium aroma wangi .
  2. Lalu masukkan ebi , daging ayam dan udang , aduk hingga semua bahan tercampur rata .
  3. Selanjutnya tuang kaldu ayam , orak arik telur , rebung , tauge , daun bawang , lada bubuk , garam dan kecap manis . masak hingga semua bahan matang , angkat , sisihkan .
  4. Setelah itu ambil 1 lembar kulit lumpia , isi bagian tengannya dengan bahan isi lumpia , gulung lumpia dan rekatkan dengan tepung yang sudah di encerkan tadi .
  5. Goreng Lumpia didalam minyak yang cukup panas dengan api sedang hingga kecolatan . angkat , tiriskan .

Cara Membuat Saus Lumpia Semarang : 

  1. Pertama-tama didihkan air , lalu masukkan gula merah , garam , gula pasir , cuka secukupnya , bawang putih , tepung maizena hingga bahan matang dan mengental . cicipi rasa , boleh tambahkan jika ada yang kurang . angkat .
  2. Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat siap untuk disajikan beserta dengan sausnya .

Untuk menambah nikmat selain disajikan dengan saus lumpia , anda juga dapat menambahkan acar timur , saus sambal dan cabai rawit agar lebih terasa makyus . nah itu dia bahan-bahan dan cara membuat lumpia semarangnya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat yang kami bagikan kali ini . buka juga informasi resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Rollade Daging Ayam Sapi Enak .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat ini jangan lupa like dan share kemedia sosial kalian ya . seperti facebook , twitter , atau google plus kalian , agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep lainnya . sekian , seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan