Langsung ke konten utama

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat - Pernahkah anda mendengar makanan yang bernama samosa ? belum ? jika begitu simak baik-baik artikel resep samosa berikut ini . samosa adalah salah satu menu makanan khas timur tengah yang merupakan hidangan pastry . samosa makanan yang khas dari timur tengah ini sangat identik sekali dengan menu daging kambing dan bumbu karinya .

Dalam membuat samosa khas timur tengah ini dapat dibilang cukup mudah . daging kambing yang telah dibumbui kari lalu dibungkus dengan menggunakan kulit pastry yang renyah lalu digoreng hingga matang dan crispy . selain proses pembuatannya yang mudah , salah satu yang khas dari samosa adalah bentuknya . berbentuk segitiga dengan isian daging kambing cincang dengan aneka bumbu rempah nya yang berbentuk segitiga ini merupakan salah satu ciri khas dari samosa .

Nah jika pada resep samosa yang asli dari timur tengah , kulit samosa yang digunakan untuk membungkus daging juga dibuat dari racikan mentega asli timur tengah yang berasal dari susu kambing . namun kita akan membuat samosa versi lidah indonesianya . sehingga daging kambing kita ganti dengan daging ayam cincang yang mudah ditemui dimana-dimana dan terjangkau . sedangkan kulitnya kita menggunakan kulit lumpia yang siap pakai agar semakin praktis .

Jika kita liat samosa khas timur tengah ini merupakan camilan atau kudapan yang mirip sekali dengan lumpia . karena garing dan renyah diluar dan enak lezat didalam . isian daging ayam yang dikombinasi dengan bumbu rempah khas indonesia pastinya akan semakin membuat nikmat samosa ini . sangat cocok lah dengan lidah orang-orang indonesia yang suka akan gurih dan lezat .

Samosa akan enak sekali jika dinikmati selagi hangat bersama saus sambal sesuai selera . seperti saus sambal botolan , saus tomat , saus baberque , saus kacang dan lain sebagainya . samosa merupakan salah satu hidangan yang yumi sekali dinikmati saat cuaca dingin atau musim hujan seperti ini . penasaran dan ingin membuatnya ? jika begitu silahkan simak bahan-bahan dan cara membuat samosanya di bawah ini .

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat

Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat

Bahan-bahan Samosa Isi Daging Ayam :

  • Kulit lumpia siap pakai 10 lembar ( dibelah menjadi dua sehingga berbentuk memanjang )
  • Daging ayam 250 gram ( dicincang )
  • Bawang putih 2 siung ( dihaluskan )
  • Bumbu kari instan 1 sendok makan ( bisa dibeli di supermarket ) atau bisa juga menggunakan bumbu kari bubuk
  • Cabai bubuk 1 sendok makan ( jika anda suka pedas , silahkan tambahkan sesuai selera )
  • Kacang polong 2 sendok makan
  • Margarine 2 sendok makan
  • Garam dan gula secukupnya
  • Telur 1 butir ( dikocok lepas , digunakan sebagai perekat )

Cara Membuat Samosa Isi Daging Ayam :

  1. Pertama-tama panaskan margarine hingga meleleh lalu tumis bawang putih yang sudah dihaluskan hingga wangi .
  2. Selanjutnya tambahkan ayam lalu masak hingga berubah warna .
  3. Setelah itu masukkan bumbu kari , cabai bubuk , garam , gula dan kacang polong . aduk-aduk lalu tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering . angkat jika dirasa sudah matang .
  4. Kemudian siapkan kulit samosa lalu olesi bagian tepinya dengan menggunakan telur .
  5. Letakkan bahan isian di ujung atas kulit , lalu lipat bagian atas kulitnya sehingga menutupi isian dan berbentuk segitiga . lakukan seterusnya hingga semua bahan habis .
  6. Goreng samosa ke dalam minyak yang panas hingga semua bahan tercelup kedalam minyak ( bertujuan agar samosa matang dengan sempurna ) hingga berubah warna kekuningan . angkat , tiriskan .
  7. Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat siap disajikan dengan sambal botol atau sambal pilihan anda sesuai selera .

Itulah bahan-bahan dan cara membuat samosanya , cukup mudah dan praktis bukan ? kudapan samosa ini dapat membuat anda menyajikan menu camilan yang lain dari biasanya dirumah . oh iya untuk kacang polong bisa juga diganti dengan sayuran lainnya seperti wortel yang diiris tipis seperti korek api . lalu dalam melipat kulit samosanya hati-hati yah , jangan sampai isiannya keluar . 

Bertujuan agar samosa keliatan cantik , rapih dan menggonda untuk segera disantap bersama keluarga . oke selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat ini di rumah . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Piscok Pisang Coklat Goreng yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda .

Jika anda menyukai artikel Resep Membuat Samosa Isi Daging Ayam Nikmat ini jangan lupa di share kemedia sosial anda yah . seperi facebook , twitter atau google plus anda agar lebih memudahkan kami dalam berbagi menu resep lainnya . sekian ,seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan