Langsung ke konten utama

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih - Berbicara tentang perkedel , apakah anda menyukainya ? lalu ingin buat namun tidak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya ? jika begitu simak baik-baik resep perkedel ikan tongkol ala Harian Resep kali ini . karena kami akan membagikan lengkap dari bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara membuatnya dengan mudah .

Perkedel memang pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang dan daging . selain itu juga dapat juga di buat dengan bahan utama tempe dan tahu . yang tentunya tak ketinggalan dengan telur ayam sebagai bahan perekatnya . namun kreasi masyarakat akan perkedel pun semakin banyak dan berkembang .

Sehingga perkedel sekarang tidak hanya dibuat dari kentang , daging , tahu dan tempe saja . namun dapat di kreasikan juga dengan menggunakan ikan seperti pada resep perkedel ikan tongkol yang akan kami bagikan kali ini . ternyata dengan menggunakan ikan tongkol , perkedel dapat mempunyai rasa yang lebih enak dan gurih loh bun . cocok sekali jika di sajikan dengan nasi hangat sebagai lauk penambah selera dengan aneka tumis sayuran yang sudah disajikan .

Memang sudah anda ketahui sebelumnya jika perkedel sendiri merupakan makanan tambahan sebagai lauk . entah itu untuk sarapan pagi , makan siang ataupun makan malam . perkedel ikan tongkol ini akan selalu asik dan enak untuk disajikan dan disantap bersama keluarga tercinta dirumah . selain itu , bentuknya yang praktis dan rasanya yang enak banyak orang yang menyajikan perkedel ikan tongkol sebagai bekal anak ke sekolah .

Kandungan gizi yang tersaji didalam ikan tongkol ternyata baik sekali dikonsumsi oleh anak-anak loh bun . apalagi untuk anak kecil yang sedang masa pertumbuhan , karena banyak gizi didalam ikan tongkol yang dibutuhkan anak kecil . bagaimana , penasaran dan ingin segera membuatnya ? jika begitu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkannya , lalu ikuti cara membuat perkedel tongkolnya seperti dibawah ini . cekidot :)

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih

Bahan-bahan Perkedel Ikan Tongkol :

  • Ikan tongkol giling 100 gram
  • Kentang 250 gram ( dipotong-potong , digoreng lalu dihaluskan )
  • Bawang merah goreng 1/2 sendok makan ( diremas-remas )
  • Cabai merah 2 buah ( dicincang halus )
  • Garam 3/4 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Telur 1 butir 
  • Daun kemangi 2 tangkai ( diiris halus )
  • Minyak 1 sendok makan ( digunakan untuk menumis )
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng 

Bumbu Halus Perkedel Ikan Tongkol : 

  • Kunyit 1 centi meter ( dibakar )
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 2 butir
  • Daun jeruk 2 lembar ( dibuang tulang daunnya )
  • Kencur 1 centi meter
  • Jahe 1/2 centi meter

Cara Membuat Perkedel Ikan Tongkol :

  1. Pertama-tama panaskan minyak , lalu tumis bumbu halus hingga wangi . angkat .
  2. Selanjutnya campurkan kentang , ikan tongkol , cabai merah keriting , garam , merica bubuk , telur dan bumbu halus . aduk-aduk hingga rata .
  3. Setelah itu masukkan daun kemangi dan bawang goreng . aduk lagi hingga rata .
  4. Kemudian ambil sedikit adonan , lalu bentuk bulat pipih .
  5. Terakhir goreng adonan perkedel ke dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang hingga matang .

Selesai , jika kita lihat bahan-bahan yang digunakan pada perkedel ikan tongkol ini lumayan komplit yah . soalnya ada kentangnya , daun kemangi , jahe , kencur dan daun jeruk nya yang dapat menambah wangi aroma khas sang perkedel . penggunaan jahe dan daun jeruk pada bumbu halus perkedel ikan tongkol bertujuan agar ikan tongkol tidak bau amis saat di olah menjadi perkedel . bagaimana , mudah dan tidak ribet kan dalam membuat perkedel ikan tongkol ini ?

Resep perkedel ikan tongkol ini wajib di coba loh bun . bisa menjadi pilihan saat anda dan keluarga sedikit bosan dengan perkedel kentang original ataupun perkedel daging . so , tunggu apa lagi :) selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih ini dirumah yah . buka juga artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Kepiting Saus Tiram Paling Enak yang akan sayang sekali jika anda melewatkannya .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Perkedel Ikan Tongkol Enak Gurih ini , jangan lupa like atau share ke media sosial kalian yah . seperti facebook , twitter atau google plus anda , agar lebih memudahkan kami dalam membagikan aneka Resep lainnya . sekian , seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan