Langsung ke konten utama

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang - Hallo selamat sore bunda-bunda cantik dirumah . hai juga buat para calon ibu muda yang sedang gemar sekali belajar memasak . ketemu lagi dengan harianresep.blogspot.com yah . hari ini kita akan belajar memasak hidangan khas minang ya bun . loh kok dari kemarin update nya masakan khas minang terus sih min ?

Hheehe iya nih bun , admin kayanya lagi kemaruk banget sama masakan padang . jadi jangan bosen-bosen ya kalau akhir-akhir ini admin lebih sering membagikan masakan khas padang yang super enak . nah jika beberapa lalu admin sudah membagikan resep masakan minang seperti kalio ayam , kalio daging , rendang , gulai bebek sambal ijo dan lain sebagainya . pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan masakan yang sangat terkenal khas padang yaitu gulai kikil .

Terbuat dari kikil kaki sapi yang mempunyai tekstur sedikit lembut dan kenyal ini memang enak dan lezat sekali . kuah gulai kikil yang diracik dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kuah gulai yang enak dan sedap . sangat cocok sekali dinikmati dengan nasi putih yang hangat bersama sambal untuk penambah selera . kuah kental gulai yang diberi sentuhan santan asli dari kelapa ini memberikan sensasi yang gurih dan nikmat banget bun .

Bumbu dan kikilnya pas banget deh , bikin lidah pengin bergoyang terus kalau ketemu masakan padang yang satu ini . nah untuk bunda-bunda dirumah yang gemar sekali menikmati masakan khas padang tentunya sudah tak asing lagi dengan enak gurih dan lezatnya gulai kikil bukan ? untuk seporsi gulai kikil di rumah makan padang biasanya dihargai sekitar lima belas ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah per porsi atau semangkuk kecilnya .  kalau dimakan sendirian sih enak-enak saja ya bun , tapi kalau sama keluarga ? 

Wahh kayanya bakal jadi rebutan tuh gulai kikilnya , habis seporsi juga kalau beli mah suka kurang makyus ya bun . jadi ngga ada salahnya jika kali ini bunda membuat gulai kikil sendiri dirumah . cara membuatnya cukup mudah kok bun , jika bunda belum bisa tenang saja bun kami akan menuntun bunda agar dapat membuat gulai kikil sendiri langsung dari dapur bunda . nah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resep gulai kikilnya dibawah ini .

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang

Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang

Bahan-bahan Gulai Kikil ( Tunjang ) :

  • Kaki sapi 1 buah
  • Santan 4 gelas ( dari 1 butir kelapa )
  • Daun kunyit 1 lembar
  • Daun jeruk purut 2 lembar
  • Asam kandis 2 buah
  • Serai 1 batang

Bumbu Halus Gulai Kikil ( Tunjang ) :

  • Cabai merah 1 ons
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Kemiri 5 buah
  • Kunyit 1 ruas
  • Laos 1 ruas
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) :

  1. Pertama-tama bersihkan kaki sapi dari bulu-bulunya hingga bersih .
  2. Kemudian potong-potong kaki sapi sesuai selera , lalu rebus hingga kikil menjadi empuk . keluarkan tulang-tulangnya lalu potong-potong daging kikilnya menurut selera .
  3. Selanjutnya didihkan santan bersama bumbu halus , daun jeruk , asam kandis , dan serai hingga berbau wangi sedap . 
  4. Setelah itu masukkan potongan kikil , aduk dan masak hingga santan mengental dan mengeluarkan minyak . aduk terus agar santan tidak pecah hingga matang . boleh cicipi , jika ada yang kurang silahkan tambahkan . angkat .
  5. Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang siap disajikan .

Selesai , seperti yang kami katakan diatas , silahkan hidangkan gula kikil padang ini bersama sambal merah atau sambal hijau menurut selera sebagai penambah nikmat . nah itulah bahan-bahan dan cara membuat gulai kikilnya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang ini dirumah yah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Ayam Goreng Balado Padang Enak yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . 

Terimakasih sudah mebuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika bunda menyukai artikel Resep Membuat Gulai Kikil ( Tunjang ) Padang ini , jangan lupa share ke media sosial anda ya bun . seperti facebook , twitter atau google plus bunda , agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep lainnya . sekian , seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan