Langsung ke konten utama

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng - hai , selamat siang bun , ketemu lagi dengan harianresep.blogspot yah . tentunya kalian sudah tak sabar menunggu postingan resep terbaru dari kami bukan ? nah kali ini kami akan coba bagikan salah satu resep kue basah khas jawa . yaitu Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng yang enak dan gurih .

Untuk anda yang asli warga jawa khususnya jawa tengah dan sekitarnya tentunya anda sudah tak asing lagi dengan kue basah ini bukan ? kue basah yang terbuat dari sagu mutiara yang dicampur dengan aneka bahan-bahan tambahan seperti parutan kelapa muda , gula pasir , garam dan bahan lainnya ini memang sangat populer sekali disana . memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pepes , awug-awug sagu merupakan kue tradisional yang memiliki rasa enak , manis dan gurih .

Jika kita mendengar namanya , awug-awug sagu memang terdengar aneh dan unik yah . sebenarnya awug-awug itu sama saja dengan kata orak-arik . jadi bisa diartikan bahwa awug-awug sagu itu kue basah yang bahan-bahannya diawug-awug atau diorak-arik hingga semua bahan tercampur dengan rata . setelah itu baru deh dibungkus dengan daun pisang seperti pepes lalu di kukus hingga matang .

Jika kita melihat proses dalam pembuatan awug-awug sagu ini memang terbilang cukup mudah dan tidak sulit . namun soal rasa jangan ditanya deh , pasti enak donk . makanya awug-awug sagu khas jateng ini masih tetep axiz hingga sekarang . yah , walaupun awug-awug sagu saat ini jarang tersedia di pasar taradisional . namun awug-awug sagu sering disajikan di acara-acara tertentu .

Seperti untuk hidangan arisan , khajatan , syukuran , acara adat dan lain sebagainya . pada saat acara khajatan awug-awug sagu kelapa biasanya disajikan sebagai salah satu hidangan untuk menyambut tamu . penasaran ? dan ingin sekali membuatnya dirumah namun tak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya ? jika begitu silahkan simak atau praktek langsung dengan Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng nya dibawah ini .

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng

Bahan-bahan Awug-awug Sagu :

  • Sagu mutiara 400 gram
  • Kelapa muda 500 gram ( diparut kasar )
  • Gula pasir 200 gram 
  • Garam 1 sendok teh
  • Vanili 1 sendok teh
  • Daun pisang secukupnya
  • Air 3 liter

Cara Membuat Awug-awug Sagu :

  1. Pertama-tama rebus air hingga mendidih , kemudian masukkan sagu mutiara . masak hingga matang , angkat lalu tiriskan . taruh didalam wadah , lalu siram dengan menggunakan air es agar sagu tidak lengket .
  2. Selanjutnya siapkan wadah lalu campurkan semua bahan yang sudah disebutkan diatas , aduk hingga rata .
  3. Setelah itu siapkan selembar daun pisang , lalu ambil sekitar dua sendok makan adonan lalu bentuk segi tiga dan semat daun pisangnya dengan lidi . terus lakukan hingga semua adonan habis .
  4. Setelah semua adonan selesai dibungkus , kukus dalam dandang kurang lebih selama setengah jam Atau hingga matang . angkat .
  5. Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng siap untuk dihidangkan .

Selesai , taraaaa awug-awug sagu nya sudah jadi deh . anda tak perlu harus ke daerah jawa tengah hanya untuk menikmati awug-awug sagu ini . karena dengan mengikuti resep awug-awug sagu yang kami bagikan kali ini anda sudah dapat membuatnya sendiri dirumah . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng ini yah .

Jangan lupa buka juga artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Kue Kering Kembang Goyang Gurih yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . oh iya , jika anda menyukai artikel Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng ini jangan lupa di share ke media sosial anda yah . seperti facebook , twitter atau google plus anda agar semakin memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan