Langsung ke konten utama

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis - Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras khusus nya  bagi masyarakat indonesia . kandungan gizi yang penting pada jagung adalah karbohidrat dan lemak . karbohidrat jagung yang terdiri dari pati , gula , serat kasar dan pentosan . sedangkan pati jagung terdiri dari amilosa dan amilopektin , sedangkan gulanya berupa sukrosa . 

Sebagian besar lemak jagung terdapat pada lembaganya . asam lemak penyusunnya terdiri dari asam lemak jenuh yang berupa palmitat dan stearat serta asam lemak tidak jenuh berupa oleat dan linoleat . protein jagung mempunyai komposisi asam amino yang cukup baik , tetapi asam amino lisin dan triptofan terdapat dalam jumlah kecil . jika di sumatera barat jagung muda dikonsumsi sebagai jagung rebus atau di olah menjadi aneka kue basah .

Sedangkan jagung tua hanya diolah menjadi tojin dan sebagian besar dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak , seperti burung dara , ayam dan lain sebagainya . penganekaragaman produk olahan perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dan pendapatan petani . sehingga selain jagung rebus , kue basah dan tojin , jagung pun dapat di olah menjadi susu jagung , bubur susu jagung , cornghurt , yogurt , corn flakes dan lain-lainnya . jika di thailand , jagung manis banyak diolah menjadi corn milk atau susu jagung .

Susu nabati seperti susu jagung dibutuhkan terutama bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi . sebagai minuman , susu jagung diharapkan bisa menyegarkan dan menyehatkan tubuh karena tidak mengandung kolesterol . susu jagung diperoleh dengan cara penggilingan biji jagung manis yang telah direbus dalam air . hasil penggilingan disaring untuk memperoleh filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan rasanya . 

Namun karena perkembangan susu jagung , susu jagung pun sekarang mudah sekali dibuat dirumah . tidak perlu menggunakan alat giling , namun dapat diganti dengan blender agar lebih mudah dan praktis . so , untuk anda yang ingin menikmati kreasi susu jagung , jangan sampai lewatkan resep ini yah . yasudah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis

Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis

Bahan-bahan Susu Jagung Manis Praktis :

  • Jagung manis pipilan 100 gram ( yang sudah di rebus )
  • Susu cair 750 gram
  • Gula 150 gram
  • Kayu manis 10 centi meter
  • Garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Susu Jagung Manis Praktis :

  1. Pertama-tama haluskan jagung manis dengan 500 mili susu di dalam blender hingga halus . 
  2. Masukkan adonan jagung ( disaring ) dan sisa bahan ke dalam panci , masak sampai mendidih sambil terus diaduk . kecilkan api , lalu lanjutkan memasak sampai agak mengental ( kurang lebih selama 15 menit ) angkat , sisihkan kayu manisnya . 
  3. Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis siap untuk disajikan selagi hangat .

Selesai , itulah bahan-bahan dan cara membuat susu jagung nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Susu Jagung Manis Praktis ini dirumah yah . buka juga informasi resep minuman lainnya seperti Resep Membuat Susu Kental Manis Sendiri Di Rumah yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan