Langsung ke konten utama

Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel)

Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) - Bagi anda yang merayakan hari raya natal tentunya sudah tidak asing lagi dengan kue batang pohon ini bukan ? karena kue batang pohon akan banyak sekali dijumpai saat perayaan natal tiba sebagai suguhan yang istimewa . kue tar klasik atau kue batang pohon ini dibentuk mirip seperti sebatang pohon atau sering disebut yule log cake sehingga terkenal dengan nama kue batang pohon . kue batang pohon biasanya terbuat dari adonan kue bolu dan selai buah sebagai pemanisnya .

Biasanya kue batang pohon bagian luarnya berlapis krim coklat yang diukir menyerupai guratan-guratan kayu pada pohon . dan jika kue batang pohon di iris akan membentuk gulungan seperti kue bolu gulung . pada saat perayaan natal nanti , pastinya anda akan menenukan kue klasik ini yang biasa di sebut dengan yule loh atau yang dalam bahasa perancisnya disebut buche de Noel . kue batang pohon sendiri mempunyai tekstur yang lembut serta terasa sekali manisnya coklat yang akan menggoyangkan lidah anda tiada hentinya .

Kue batang pohon khas natal yang berasal dari negara perancis ini dapat dikategorikan sebagi kue yang unik . karena bentuknya yang lucu dan menyerupai sebatang kayu . kue batang pohon memang sangat terkenal sekali diperancis , bahkan saat perayaan natal biasanya kue batang pohon ini sebagai icon yang akan kurang afdol jika tidak ada di meja tamu . namun kue batang pohon ini sekarang bukan saja hanya terkenal di perancis saja , karena saat ini kue batang pohon sudah sliweran dimana-dimana .

Dari negara-negara asing lainnya seperti amerika , autralia , malaysia , singapuran dan lain sebagainya termasuk indonesia . jika hari raya natal akan tiba toko-toko kue pasti akan banyak sekali memajang aneka kue natal termasuk kue batang pohon khas natal ini . nah , jika biasanya anda membeli kue batang pohon untuk merayakan natal anda . tidak ada salahnya jika natal kali ini anda membuat kue batang pohon sendiri dirumah .

Tentunya akan mengasikkan dan menyenangkan bukan , jika kue batang pohon yang anda sajikan untuk keluarga atau kerabat adalah kue hasil dari kerja keras anda sendiri ? selain mengasikkan , jika anda membuatnya sendiri langsung dari dapur anda , anda juga akan lebih dapat berkreasi lagi akan bentuk dan rasa sesuai dengan selera anda . so , tunggu apa lagi , untuk anda yang akan merayakan natal harus siap-siap dari sekarang nih agar anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kue batang pohon nya . untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuat kue batang pohon nya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) 

Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel)

Bahan-bahan Kue Batang Pohon Khas Natal :

  • Tepung terigu protein sedang 90 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Margarin 120 gram ( dilelehkan )
  • Cokelat pasta 1/2 sendok teh
  • Telur 9 butir
  • SP 1 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 225 gram
  • Cokelat bubuk 45 gram

Bahan Buttercream Kue Batang Pohon Khas Natal ( aduk rata ) :

  • Susu kental manis putih 150 gram
  • Mentega putih 150 gram ( dikocok )

Bahan Toping Kue Batang Pohon Khas Natal :

  • Dark cokelat 350 gram ( dilelehkan )

Hiasan Kue Batang Pohon Khas Natal :

  • Tepung gula 1 sendok makan
  • Plastik icing 30 gram ( buat bentuk jamur )

Cara Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) :

  1. Pertama-tama untuk cake : kocok telur , gula dan 1 1/2 sendok teh SP hingga mengembang dan halus . lalu tambahkan tepung terigu , coklat bubuk dan baking powder sambik terus diayak dan diaduk-aduk hingga rata .
  2. Selanjutnya masukkan margarin dan cokelat pasta sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan . tuang adonan ke dalam 3 loyang ukuran 24x24x3 centi meter yang dioles margarin dan dialasi dengan kertas roti .
  3. Setelah itu masukkan ke dalam oven kurang lebih selama 25 menit dengan suhu 190 deajat celcius . jika sudah 25 menit , keluarkan dari oven , diamkan sebentar . ambil selembar kue , olesi dengan buttercream , gulung lalu padatkan . lakukan kembali kepada dua kue lainnya .
  4. Kemudian siram bolu gulung dengan cokelat yang sudah dilelehkan , lalu biarkan beku .
  5. Terakhir hias kue dengan jamur-jamur dan taburkan tepung gula di atasnya . 
  6. Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) siap untuk disajikan .

Tips Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) :

  1. Anda dapat letakkan kue ke dalam tiga buah kotak untuk kemasan masing-masing kue .
  2. Agar kue dapat berbentuk seperti batang kayu , buat guratan di lapisan permukaan coklat . tapi tentunya harus dilakukan setelah kue batang pohon ini dingin .
  3. Untuk hiasan anda dapat kreasikan sendiri menurut selera anda .

Selesai , Kue batang pohon nya sudah jadi dan siap untuk dinikmati untuk keluarga atau kerabat . sajikan kue batang pohon dengan minuman hangat seperti teh hangan manis atau pun coffe sesuai selera . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) ini di rumah . buka juga informasi resep kue lainnya seperti Resep Membuat Donat Ala Dunkin Donut Empuk yang akan sayang sekali jika anda lewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Kue Batang Pohon Khas Natal (Buche De Noel) ini , anda dapat share ke facebook , twitter , atau google plus anda agar kami dapat memberi informasi lebih banyak tentang resep masakan , resep minuman , resep kue , resep camilan , resep sambal , resep puding dan lain sebagainya yang semoga akan bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan