Langsung ke konten utama

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi .

Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya .

Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat ataupun coffe . di makan buat sarapan di pagi hari juga enak loh , jadi bolu ketan hitam cocok juga buat bekal ade atau si anak ke sekolah . seperti bolu ketan hitam kaya gini anak kecil pasti suka , soalnya lembut banget .

Mungkin untuk sebagian orang hoby sekali menikmati bolu ketan hitam ini yah , tapi kalian tahu tidak jika tepung beras ketan hitam itu baik di konsumsi bagi tubuh ? tepung beras ketan hitam yang terbuat dari beras pecah kulit yang masih mengandung lapisan kulit ari ( katul ) dan oleh karena itu beras ketan hitam mengandung serat lebih tinggi dibanding dengan tepung ketan putih . seperti beras hitam biasa , ketan hitam sendiri juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi .

Lalu potassium dan magnesium yang dapat bermanfaat untuk mengontrol radikal bebas penyebab kanker dan menekan tekanan darah pada tubuh . memang pada umumnya tepung ketan hitam dapat digunakan untuk membuat kue dan jajanan pasar yang sudah cukup terkenal seperti klepon , onde-onde , kue bugis dan lain sebagainya . memiliki kandungan yang baik bagi tubuh ketan hitam sebenarnya sangat bagus jika dikonsumsi untuk kesehatan . karena beras ketan hitam dapat mencegah kita dari obesitas .

Jadi sebanyak apapun kita menikmati bolu ketan hitam yang enak ini tidak akan menambah kegemukan :D . so , buat kamu yang pengin buat juga bolu ketan hitam nya kita buat sama-sama yuck . untuk lebih jelas silahkan simak , catat atau langsung praktek dengan resep bolu ketan hitamnya dibawah ini yah .

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Bahan-bahan Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk :

  • Tepung beras ketan hitam 250 gram
  • Margarin 200 gram ( dilelehkan )
  • Gula pasir halus 250 gram
  • Susu kental manis putih 2 sendok makan
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Emulsifier 1 sendok teh
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh 
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Telur ayam 6 butir 

Peralatan Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk :

  • Loyang ukuran 24x24x6 centi meter , di oleskan dengan margarin dan alasi dengan kertas roti .

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk :

  1. Pertama-tama aduk telur , emulsifier , gula pasir halus dan garam hingga mengembang .
  2. Selanjutnya tambahkan tepung beras ketan hitam , vanili bubuk , dan baking powder sambil di ayak dan aduk hingga rata kembali .
  3. Setelah itu tuang susu kental manis putih dengan sedikit demi sedikit beserta dengan margarin yang sudah dilelehkan sambil di aduk hingga rata .
  4. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di siapkan tadi . lalu kukus adonan selama 25 menit hingga matang dengan menggunakan api sedang . angkat , dinginkan sejenak , potong-potong sesuai selera .
  5. Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk siap untuk dihidangkan .

Selesai , selain dihidangkan sebagai camilan keluarga , rasa yang enak , lembut dan empuk dari bolu ketan hitam kukus juga cocok sekali jika di sajikan di berbagai acara-acara tertentu . seperti acara arisan , acara pengajian , acara syukuran , acara khajatan dan lain sebagainya . dalam membuat kue bolu ketan hitam kukus ini memang mudah , namun anda harus memperhatikan dan jangan sampai step by step dalam membuatnya ada yang terlewatkan . lalu ketika mengaduk adonan dengan mixer , diusahakan jangan terlalu lama mengaduk nya ya karena akan berefek adonan menjadi keras . 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk ini dirumah . baca juga infomasi artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Kue Coklat Kering Special Tahun Baru yang patut anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . jika kalian menyukai Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk , silahkan share resep ini ke facebook , twitter , atau google plus anda agar kami lebih mudah lagi membagikan resep-resep masakan , minuman , kue , sambal , camilan , puding dan lain sebagainya agar memasak anda lebih mengasikkan . sekian , seeyou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan