Langsung ke konten utama

Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda Enak

Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda Enak - Namanya ikan di olah dengan cara apapun pasti tetap enak dan lezat yah . kecuali jika anda memasaknya kebanyakan garam , gosong dan lain sebagainya :D . ikan yang pada dasarnya memiliki rasa yang gurih dan enak yang alami sehingga akan mudah di masak apapun . termasuk dengan di goreng saja dengan bumbu sederhana juga ikan ini sudah memiliki rasa yang lezat nikmat .

Nah apalagi jika sang ikan di beri sentuhan bumbu rempah alami khas indonesia yang segar . tentu saja akan menambah nikmat sang ikan bukan ? seperti dimasak pesmol khas sunda yang akan kami bagikan kali ini misalnya . ikan yang digoreng terlebih dahulu lalu dimasak dengan bumbu kuning yang mempunyai rasa yang nikmat pas akan menambah citarasa lezat pada sang ikan .

Memasak pesmol seperti ini sangat identik dengan masakan cianjur dan sunda . karena untuk masakan cianjur dan sunda banyak sekali aneka ikan yang dapat dimasak pesmol . untuk ikannya sendiri juga begitu banyak macamnya , anda dapat memakai ikan lele , ikan mujaer , ikan nila , ikan gurame dan ikan air tawar lainnya .

nah jika anda punya ikan air tawar di kulkas , lalu bingung mau dimasak apa sih yah ? anda dapat membuat ikan pesmol ala harianresep.blogspot.com ini . keluarga pasti menyukainya , anda dapat menyajikan ikan pesmol air tawar khas sunda ini sebagai hidangan selingan sehari-hari . bahkan jika keluarga anda menyukainya , ikan pesmol khas sunda ini dapat anda dapat ke dalam daftar menu keluarga yang special .

IKan pesmol khas sunda akan terasa nikmat sekali jika disajikan dengan nasi putih hangat nan pulen . kuah kuninge yang kental dan nikmat dengan citarasa bumbu yang pas , akan memanjakan lidah anda disetiap suapnya . emmm nyumi , so , tunggu apa lagi ? yuck , segera di coba Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda nya seperti berikut ini .

Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda Enak

Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda Enak

Bahan-bahan Ikan Pesmol Khas Sunda :

  • Ikan air tawar 1 kilo gram ( bisa ikan gurame atau nila )
  • Tomat 1 buah ( dipotong-potong )
  • Air jeruk nipis 1 sendok teh
  • Cabai rawit hijau 10 buah
  • Daun jeruk 2 lembar ( dibuang tulang daunnya )
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 1 batang ( diambil putihnya )
  • Gula pasir 3/4 sendok teh
  • Air 250 mili liter
  • Garam 1 sendok makan
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis 

Bumbu Halus Ikan Pesmol Khas Sunda :

  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 10 butir
  • Kunyit 5 centi meter ( dibakar )
  • Kemiri 6 butir ( disangrai )
  • Jahe 2 centi meter

Cara Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda : 

  1. Bersihkan ikan , cuci bersih lalu lumuri ikan dengan air jeruk serta garam , aduk secara merata . kemudian diamkan selama 15 menit .
  2. Jika bumbu sudah meresap , goreng ikan hingga matang . untuk kering atau tidaknya sesuai selera saja . 
  3. Selanjutnya tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan salam hingga tercium aroma wangi sedap . 
  4. Setelah itu potong-potong cabai rawit dan tomat , kemudian tambahakan kedalam tumisan .
  5. Biarkan tumisan layu , lalu masukkan ikan yang sudah anda goreng tadi . jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir . aduk hingga semua bahan rata .
  6. Terakhir tuang air , lalu tunggu hingga bumbu benar-benar meresap ke ikan . angkat .
  7. Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda Enak siap untuk disajikan selagi hangat . 

Nah itulah bahan-bahan dan cara membuat Ikan pesmol khas sunda nya , cukup mudah bukan ? untuk pilihan ikannya anda bisa memakai ikan nila , gurame , mujaer atau ikan air tawar lainnya yang anda suka , seperti yang sudah kami katakan di atas ya . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Ikan Pesmol Khas Sunda Enak ini dirumah . Buka juga infromasi resep lainnya seperti 7 Resep Menu Masakan Sehari-Hari Dan Tips yang dapat membantu menentukan menu masakan sehari-hari untuk keluarga .

terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sampai bertemu di artikel resep selanjutnya , sekian :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat

Resep Jus Sayur Bayam Untuk Diet Sehat - Minuman sehat dan segar seperti aneka olahan jus sepertinya tidak bisa kita buang dalam kehidupan kita. rasanya yang enak dan dapat melegakan tenggorokan seringkali menjadi pilihan yang tepat disaat merasa haus. selain menyegarkan, ternyata jus yang di olah dengan benar dapat memberikan berbagai macam manfaat pada tubuh. dan selain menyehatkan, aneka olahan jus juga sering dijadikan sebagai menu diet yang sehat. Untuk membuat jus yang segar banyak orang yang memakai aneka buah-buahan sebagai bahan utamanya. padahal jus yang terbuat dari sayuran memiliki gizi dan vitamin yang lebih banyak loh. sangat bagus dikonsumsi, apalagi bagi anda yang sedang menjalani diet untuk program penurunan berat badan. nah, olahan resep jus sayur untuk diet kali ini kita akan memakai bahan utama sayuran bayam hijau. walaupun memakai bahan utama sayur bayam, anda juga boleh mencampurkan jus bayam tersebut dengan aneka buah pilihan, Seperti buah apel, nanas, wort

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk

Resep Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus Lembut Empuk - weekend , rencanya sehabis beres-beres rumah penginnya main kerumah nenek . tapi lihat cuaca sudah mendung banget , rasa-rasanya beberapa waktu lagi juga mau hujan lebat . akhirnya batal deh ke rumah nenek , bingung mau ngapain dirumah . nonton tv bosen , akhirnya mondar-mandir ke dapur cek bahan siapa tahu bisa buat sesuatu yang yumi . Yeee akhirnya ketemu sama tepung beras ketan hitam bahan sisa si mamah kemarin habis bikin kue buat di bawa ke acara arisan . si ade nyletuk pengin makan kue bugis , tapi bahan belum lengkap akhirnya bikin bolu ketan hitam kukus yang lembut dan empuk saja yang mudah . kebetulan bahan-bahan buat bikin bolu ketan hitam kukus nya sudah lengkap . jadi ngga keder lagi mondar mandir nyari bahan-bahan nya . Untuk bolu ketan hitam tentunya sudah tak asing lagi buat kamu bukan ? rasa yang enak dan empuk memang yuuumii banget . cocok disajikan saat cuaca mendung seperti ini buat teman minum teh hangat

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih

Resep Membuat Kroket Ayam Mie Enak Gurih - Makanan ringan seperti gorengan memang paling sering dicari untuk menemani kita saat minum kopi atau ngeteh . sudah kita ketahui sebelumnya jika hampir semua orang suka sekali menikmati makanan ringan seperti gorengan atau ngemil . bahkan terkadang untuk sebagian orang lebih suka memakan gorengaan daripada menikmati makanan berat lainnya . gorengan memang sangat identik sekali dengan indonesia , karena banyak sekali aneka macam gorengan dimana-dimana . Dari gorengan sederhana seperti tahu goreng , pisang goreng , tempe goreng ( mendoan ) , bakwan jagung , bala-bala dan sebagainya . ataupun gorengan dengan kreasi isian yang yumi seperti pastel goreng , tahu mercon , ataupun kroket ayam mie seperti pada resep yang Harian Resep akan bagikan kali ini . kroket goreng dengan isian ayam yang special tentunya akan menjadi camilan atau kudapan yang istimewa untuk keluarga . sangat cocok jika dihidangkan sebagai camilan yang enak saat berkumpul dengan